Pascakebakaran Puluhan Kapal di Cilacap, Kapolda Keluarkan Instruksi

Kamis, 05 Mei 2022 – 14:09 WIB
Pascakebakaran Puluhan Kapal di Cilacap, Kapolda Keluarkan Instruksi - JPNN.com Jateng
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi usai meninjau lokasi kebakaran di Pelabuhan Cilacap, Rabu (4/5). Foto: Humas Polda Jateng

jateng.jpnn.com, CILACAP - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi meminta para pemangku kepentingan di pelabuhan meningkatkan standar operasional prosedur (SOP) terkait kapal bersandar.

Lutfhi menyebut akan meningkatkan pengamanan di kawasan pelabuhan seusai peristiwa kebakaran melanda puluhan kapal di Dermaga Batere dan Wijaya Pura, Cilacap, Selasa (3/5) kemarin.

Pihaknya menginstruksikan Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Tengah mempertinggi koordinasi dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Syahbandar pelabuhan terkait.

"Para pemilik kapal juga harus menempatkan penjaga untuk menjaga kapal yang bersandar," katanya seusai meninjau lokasi kebakaran di Dermaga Wijaya Pura, Cilacap, Rabu (4/5).

Mantan Kapolres Batang itu menyatakan langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya insiden serupa di kawasan pelabuhan.

Terlebih, pihaknya dengan tegas meminta para pemilik kapal beserta ABK (anak buah kapal) di dalamnya menghindari aktivitas berbau percikan api.

"Kami berharap kejadian serupa tidak terulang," tegasnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda 44 kapal di Pelabuhan Cilacap, diduga bermula dari kobaran api dari ruang mesin salah satu kapal ikan yang bersandar di Pelabuhan Batere Cilacap pada Selasa (3/5) sore.

Kapolda Jawa Tengah menyebut akan meningkatkan pengamanan di kawasan pelabuhan seusai peristiwa kebakaran puluhan kapal di Cilacap.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News