Bendera Merah Putih Dibentangkan, Perjuangan Habib Thoha Dikenang

Selasa, 17 Mei 2022 – 22:10 WIB
Bendera Merah Putih Dibentangkan, Perjuangan Habib Thoha Dikenang - JPNN.com Jateng
Peserta Kirab Merah Putih peringatan Haul Habib Thoha bin Yahya membawa bendera raksasa dalam kirab yang diawali di Jalan Depok, Kota Semarang, Selasa. (ANTARA/ I.C.Senjaya)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Masyarakat lintas agama di Kota Semarang mengikuti Kirab Merah Putih menyemarakkan hari ulang tahun (haul) ulama Pejuang Kemerdekaan RI Habib Thoha bin Yahya, Selasa (17/5).

Kirab diawali di depan Makam Habib Thoha di Jalan Depok, Kota Semarang, yang dilepas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Peserta kirab dari berbagai elemen masyarakat di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut membentangkan Bendera Merah Putih raksasa yang panjangnya sekitar 300 meter.

Kirab berakhir di Balai Kota Semarang yang dilanjutkan dengan apel yang diikuti oleh peserta.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang menjadi inspektur apel menyatakan syukur karena wilayah yang kini dipimpinnya pernah ditinggali oleh para tokoh besar.

"Beruntung Kota Semarang dalam perjalanan sejarahnya ditinggali tokoh-tokoh yang luar biasa. Semoga membawa keberkahan dan karomah," katanya.

Menurut dia, Habib Thoha merupakan tokoh agama yang berjasa dalam perjuangan Indonesia, khususnya dalam memerangi Portugis.

Sementara Kirab Merah Putih ini, lanjut dia, menjadi bagian dalam menggambarkan keberagaman yang ada di Kota Semarang.

Perjuangan Habib Thoha melawan Portugis dikenang warga Semarang. Hendi mengucap syukur.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News