BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng, Waspada

Kamis, 26 Mei 2022 – 11:42 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng, Waspada - JPNN.com Jateng
Banjir rob masih menggenang di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir rob di pesisir, Jawa Tengah, Kamis (26/5).

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Retna Swasti Karini mengatakan aktivitas pasang air laut dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah pantai utara Jawa Tengah.

Dia megimbau masyarakat pesisir pantai utara untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan fenomena banjir rob.

Fenomena itu diprediksi terjadi pada Kamis (26/5) pukul 14.00 hingga 18.00 WIB.

Retna menjelaskan banjir rob dapat berdampak pada tergenangnya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam, perikanan darat, dan kegiatan bongkar muat di dermaga.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," katanya.(antara/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringatan dini banjir rob di pesisir utara Jateng. Masyarakat diminta waspada hari ini.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News