Cara Hendi Atasi Persoalan Rob di Semarang, Tol Jadi Salah Satu Solusi

Rabu, 01 Juni 2022 – 16:35 WIB
Cara Hendi Atasi Persoalan Rob di Semarang, Tol Jadi Salah Satu Solusi - JPNN.com Jateng
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebut ada lima aspek untuk menanggulangi rob yang membayangi pesisir utara Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu.

Lima aspek atau jurus tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Semarang menangani persoalan rob yang terus menjadi momok hingga sekarang ini.

"Kalau lima aspek itu terealisasi maka sudah tidak ada lagi yang bolong," kata Hendi, panggilan akrabnya saat dikonfirmasi JPNN.com Jateng, Rabu (1/6).

Pembangunan Tol Semarang-Demak dan Tol Semarang-Kendal diyakini menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut.

Termasuk pembangunan tanggul laut di sepanjang utara Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Emas yang direncanakan selesai pada 2023.

Dua proyek lainnya yaitu penanganan tanggul yang melindungi Pelabuhan Tanjung Emas, serta peninggian Jalan Arteri Yos Sudarso untuk melindungi pusat kota.

"Ini merupakan wujud keseriusan untuk menangani rob," ujarnya.

Upaya mengatasi rob telah tertuang dalam perjanjian bersama antara Pemkot Semarang dengan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi menyebut ada lima aspek untuk menanggulangi rob yang membayangi pesisir utara Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News