Peringatan Dini Gelombang Tinggi, BMKG: Peisir Selatan Jawa Tengah-DIY Waspada

Minggu, 12 Juni 2022 – 15:21 WIB
Peringatan Dini Gelombang Tinggi, BMKG: Peisir Selatan Jawa Tengah-DIY Waspada - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Gelombang laut di Pantai Tegalkamulyan, Kabupaten Cilacap. ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.

BMKG memprediksi gelombang setinggi 6 meter berpotensi terjadi di di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

"Pergerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang laut," katanya di Cilacap, Minggu (12/6).

Oleh karena itu, pihaknya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga sangat tinggi di laut selatan Jawa Barat, Jateng, serta DIY.

Peringatan itu berlaku hingga Senin (13/6), dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Dalam hal ini, tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya.

Lalu perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta.

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Jawa Tengah hingga DIY. Simak!
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News