Puluhan Siswa Yogyakarta Lakukan Puja Bakti di Candi Borobudur, Lihat

Senin, 27 Juni 2022 – 22:43 WIB
Puluhan Siswa Yogyakarta Lakukan Puja Bakti di Candi Borobudur, Lihat - JPNN.com Jateng
Siswa Pasastrian Buddhis Kusala Mitra dari Wihara Jimadarmasada di Siraman, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meninggalkan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, usai melakukan puja bakti, Senin (27/6/2022). (ANTARA/Heru Suyitno)

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Siswa Pasastrian Buddhis Kusala Mitra dari Wihara Jimadarmasada, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan puja bakti di halaman Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (27/6).

Sebelum melakukan puja bakti, 53 siswa yang dipimpin oleh Biksu Badrapalo melakukan pradaksina atau berjalan mengelilingi Candi Borobudur searah jarum jam sebanyak tiga kali.

Seusai melakukan pradaksina, mereka duduk di sisi barat laut pelataran Candi Borobudur menghadap ke candi untuk melakukan puja bakti dengan membaca parita.

Biksu Badrapalo mengatakan bahwa puja bakti atau damayatra dilakukan untuk memberikan penghormatan.

"Kami sebagai umat Buddha ketika berada di Candi Borobudur, candi-candi buddhis, itu tidak hanya untuk berwisata, tetapi kami juga mengenalkan kepada para siswa bahwa ini adalah mahakarya dari nenek moyang yang harus dilestarikan," kata Sekretaris Wilayah Sangha Agung Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Dia ingin menyampaikan pesan kepada siswa-siswanya bahwa nenek moyang sudah memiliki peradaban yang luar biasa.
"Kegotongroyongannya, strategi membangun ini juga patut untuk diwariskan kepada putra putri saat ini sehingga mereka bisa menghargai keberadaan mahakarya nenek moyang," katanya. ?
?????
Biksu Badrapalo menuturkan bahwa selain sastri dan sastria Pasastrian Buddhis Kusala Mitra Gunungkidul, kegiatan puja bakti juga diikuti oleh beberapa penganut Buddha dari Jakarta.

"Hampir semua peserta dari pasastrian Gunungkidul dan kebetulan tengah liburan, ada yang dari Jakarta ikut serta untuk mengisi liburan dengan hidup lebih bermanfaat," katanya.(antara/jpnn)

Puluhan siswa Yogyakarta berlibur ke Candi Borobudur, Jawa Tengah, sembari melakukan puja bakti.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News