Warga di Kelurahan Nusukan Terima Ganti Untung Pembebasan Lahan Proyek Rel Ganda Solo-Semarang

Rabu, 06 Juli 2022 – 18:40 WIB
Warga di Kelurahan Nusukan Terima Ganti Untung Pembebasan Lahan Proyek Rel Ganda Solo-Semarang - JPNN.com Jateng
Salah seorang warga saat sedang melakukan pemeriksaan administrasi di Kelurahan Nusukan, Rabu (6/07/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelesaikan proses ganti untung warga Kelurahan Nusukan yang terdampak pembangunan jalur rel ganda Solo-Semarang, Rabu (6/07) pagi.

Total ada 74 bidang tanah milik warga, 5 bidang fasilitas umum Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, dan 2 fasilitas umum milik masyarakat di Kelurahan Nusukan yang dibebaskan. 

Kepala Dinas Pertanahan Kota Surakarta Tensa Nurdian mengatakan total ada sekitar 13.000 m² dari empat kelurahan yakni Nusukan, Gilingan, Banjarsari, dan Joglo yang harus dibebaskan guna merealisasikan proyek Kemenhub itu. Total anggarannya mencapai Rp 50 miliar.

"Itu belum termasuk jalan lingkungan yang tidak bisa dibayarkan karena merupakan aset dari Pemkot Surakarta," jelasnya.

Tensa menjelaskan proses ganti untung tersebut sudah melewati berbagai tahapan verifikasi. Pihaknya membuka kesempatan kepada warga apabila ada koreksi terkait dengan luasan tanah.

"Beberapa kemarin sudah ada yang memberikan masukan terkait data administrasi dan ukuran. Kemudian, kami tindaklanjuti turun lagi ke lapangan," bebernya.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang menyaksikan langsung proses penyerahan ganti untung di Kelurahan Nusukan mengatakan seluruh proses ganti untung berjalan lancar, meski sempat mengalami beberapa kali protes.

"Terima kasih kepada warga yang telah mendukung program dari Pemerintah Pusat. Semoga ganti untung yang kami berikan bisa dimanfaatkan dengan baik," lanjutnya.

Proyek rel ganda Solo-Semarang bakal segera terealisasi setelah pembebasan lahan dan ganti untung untuk empat kelurahan selesai di Solo selesai.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News