Imbauan Penting Gus Yasin Jelang Iduladha 2022, Harap Diperhatikan

Jumat, 08 Juli 2022 – 22:08 WIB
Imbauan Penting Gus Yasin Jelang Iduladha 2022, Harap Diperhatikan - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyampaikan imbauan jelang Iduladha yang ditetapkan pemerintah pada Minggu, 10 Juli 2022.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini menyarankan agar hewan kurban sebaiknya dikarantina selama 24 jam sebelum disembelih untuk memantau kondisi kesehatannya.

"Dengan melakukan karantina selama 24 jam sebelum disembelih maka dapat memantau kondisi kesehatan hewan kurban," katanya, Jumat (8/7).

Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang ideal untuk menyiapkan hewan kurban agar memenuhi persyaratan dan bebas dari penyakit, salah satunya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Terkait dengan prosesi penyembelihan hewan kurban pada Iduladha 2022, pihaknya menyiapkan juru sembelih halal (juleha) yang telah mengantongi sertifikat dari pemerintah.

"Di Klaten sudah ada, di Kabupaten Banjarnegara ada, disusul lagi besok di Kabupaten Batang, Pekalongan kota dan kabupaten, juga melakukan hal serupa," ujarnya.

Gus Yasing mengatakan sudah tersebarnya juru sembelih halal di sejumlah kabupaten/kota, menunjukkan perhatian yang sangat tinggi terhadap persoalan penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah perlu terus mendorong penyediaan tenaga juru sembelih halal, apalagi setelah pandemi Covid-19.

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen atau Gus Yasin menyampaikan imbauan penting jelang Iduladha 2022. Simak!
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News