Gus Yasin Minta Kabupaten/Kota Beri Kemudahan Izin Usaha UMKM

Rabu, 13 Juli 2022 – 21:11 WIB
Gus Yasin Minta Kabupaten/Kota Beri Kemudahan Izin Usaha UMKM - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mendesak pemerintah daerah memfasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) supaya bisa maju.

Menurutnya, perlu adanya penyesuaian standar penggunaan produk dalam negeri (P3DN) untuk pengadaan barang dan jasa di pemerintahan.

"Ketika kami di pemerintahan akan mengadakan barang-barang produksi dalam negeri, itu seringkali terkendala produk UMKM belum mengantongi izin dan e-Katalognya," kata Gus Yasin, sapaan akrabnya dalam Rakor Pengawasan Daerah Provinsi Jateng di Hotel Santika Kota Pekalongan, Rabu (13/7).

Gus Yasin meminta kabupaten/kota untuk terlibat menyelsaikan kendala-kendala yang dialami UMKM, sebab banyak produk potensial yang belum tersentuh.

"Di sinilah kami dorong dan percepat potensi-potensi UMKM yang ada di Jawa Tengah," ujarnya.

Dia mengistruksikan seluruh kabupaten/kota mempermudah UMKM mengurus izin usaha, dan syarat-syarat lainnya.

"Ini yang perlu kami gencarkan dan bergerak cepat. OPD-OPD membantu mencari solusi atas kendala-kendala yang menghambat," tuturnya.

Tak hanya itu, tiap kabupaten/kota memiliki sebuah kewajiban untuk meningkatkan produktivitas, dan pemasaran pelaku UMKM dari berbagai inovasi.

Wagub Jateng Gus Yasin meminta kabupaten/kota memberi kemudahan mengurus izin usaha UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News