Warga Pati Terdampak Banjir Bandang Bakal Mengungsi Lama

Jumat, 15 Juli 2022 – 22:10 WIB
Warga Pati Terdampak Banjir Bandang Bakal Mengungsi Lama - JPNN.com Jateng
Banjir bandang di Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengakibatkan sejumlah rumah rusak parah. ANTARA/HO-Humas Pemkab Pati.

jateng.jpnn.com, PATI - Pemkab Pati akan memenuhi kebutuhan makan sehari-hari korban banjir bandang di Kecamatan Margoyoso dan Pati Kota yang berada di tempat pengungsian.

"Kami akan memberikan bantuan kebutuhan makan sehari-hari, mengingat kondisi korban banjir yang berada di tempat pengungsian tentu seadanya," kata Bupati Pati Haryanto, Jumat (15/7).

Dia mengatakan para pengungsi hanya bisa hidup seadanya lantaran pakaian pun hanyut tersapu banjir.

Menurut dia, dalam menyelesaikan permasalahan soal banjir harus ada skala prioritas dengan mengutamakan warga yang tidak punya tempat tinggal.

"Kesehatan para pengungsi juga harus diperhatikan karena mereka di pengungsian dimungkinkan tidak sebentar karena penyelesaiannya bisa berminggu-minggu karena berkaitan dengan infrastruktur," ujarnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen agar bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak banjir menyediakan kebutuhan makan, minum serta air bersih setiap harinya.

Pemkab Pati juga akan mengerahkan armada untuk mengangkut sisa-sisa lumpur dan sampah dari pemukiman warga.

"Nantinya ada armada pemadam kebakaran juga dikerahkan, dari PMI juga disiapkan dalam rangka membantu pembersihan rumah itu, juga sekaligus membantu membersihkan jalan-jalan yang terkena lumpur dan tidak bisa dilewati," ujarnya.

Warga Pati yang kena dampak paling parah dari banjir bandang kemungkinan besar harus mengungsi untuk waktu yang cukup lama.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News