Pemkab Batang Mendorong Petani Melati untuk Memperluas Lahan, Alasannya Bakal Bikin Sejahtera

Selasa, 19 Juli 2022 – 22:25 WIB
Pemkab Batang Mendorong Petani Melati untuk Memperluas Lahan, Alasannya Bakal Bikin Sejahtera - JPNN.com Jateng
Seorang petani melati di Kecematan Gringsing, Kabupaten Batang memamerkan hasil panen bunga melati. Foto: ANTARA/HO-Humas Kabupaten Batang

jateng.jpnn.com, BATANG - Petani melati di Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, didoronh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk melakukan perluasan lahan pertanian.

Perluasan itu dilihat dari hasil panen melati terbuka cukup besar untuk diekspor ke sejumlah negara seperti Singapura, Malaysia, bahkan Arab Saudi.

Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Batang Arisna Pradono menyebutkan tiga tahun terakhir luas lahan pertanian melati meningkat hingga hampir dua kali lipat.

"Pada awal 2019 luas pertanian melati di Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing sekitar 8 hektare namun pada 2021 meningkat mencapai 15 hektare. Perluasan lahan pertanian melati ini karena prospek bunga melati cukup menguntungkan para petani," katanya, Selasa (19/7).

Arisna Pradono mengatakan pihakanya mendorong petani melati agar merubah lahan kurang produktif menjadi produktif, karena potensi penjualan melati kini tidak hanya pada tingkat lokal saja melainkan hingga mancanegara.

"Saat ini peluang ekspor melati hingga sampai ke Singapura, Malaysia, dan Arab Saudi. Saat ini, para petani di Kecamatan Gingsing banyak yang beralih karena dari sisi keuntungan cukup bagus, kondisi lahan mendukung, dan perawatan tanaman melati juga juga mudah," katanya.

Saat ini, lanjut dia, ada dua desa sentra melati di Kecamatan Gringsing yaitu Desa Sidorejo dan Yosorejo. Jumlah petani melati yang sebelumnya hanya puluhan kini suah mencapai lebih 100 orang.

"Ada yang merupakan petani baru atau mengalihkan tanaman. Banyak yang beralih karena dari sisi keuntungan cukup bagus, kondisi lahan mendukung dan perawatannya juga mudah," katanya.

Petani melati didorong untuk memperluas lahan pertaniannya oleh Pemkab Batang. Begini alasannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News