Ratusan Sapi di Pekalongan Jalani Vaksinasi PMK

Kamis, 11 Agustus 2022 – 17:37 WIB
Ratusan Sapi di Pekalongan Jalani Vaksinasi PMK - JPNN.com Jateng
Kondisi kesehatan hewan ternak milik warga yang sudah dilakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku oleh Pemerintah Kota Pekalongan. (ANTARA/HO-Humas Kota Pekalongan)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Sebanyak 217 hewan ternak jenis sapi menjalani vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) sebagai upaya mencegah penularan penyakit itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan Muadi mengatakan bahwa pada tahap awal pihaknya telah mendapat distribusi 100 vaksin dosis kedua dari Pemprov Jateng untuk hewan ternak terutama sapi yang sehat.

"Hewan ternak yang sudah divaksin sampai hari ini (11/8) sebanyak 217 ekor sapi. Adapun yang sudah dinyatakan sembuh 212 ekor sedang yang masih dalam pengobatan sekitar 100 ekor," katanya.

Dia yang didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ilena Palupi mengatakan jumlah hewan ternak suspek PMK ada 315 sapi, baik sapi potong maupun sapi perah.

Adapun untuk hewan ternak kambing dan domba relatif aman dan belum ada yang mengalami suspek PMK.

"Hal ini menunjukkan kabar baik karena wabah PMK di daerah ini bisa disembuhkan dan pelaksanaan vaksin juga berjalan baik," katanya.

Dikatakannya, dosis vaksin PMK yang diterima Kota Pekalongan memang relatif sedikit sehingga pihaknya harus menunggu alokasi lagi dari Pemprov Jateng.

Dia mengatakan setelah menyasar hewan ternak sapi dosis vaksin juga akan diberikan pada kambing dan domba dengan takaran dosis separuh.

Pemkot Pekalongan melakukan vaksinasi PMK terhadapat ratusan sapi untuk mencegah penularan virus pada hewan tersebut.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News