Kelurahan Jatirejo Buat Pemkot Semarang Bangga, Lihat Nih Capaiannya

Senin, 22 Agustus 2022 – 14:21 WIB
Kelurahan Jatirejo Buat Pemkot Semarang Bangga, Lihat Nih Capaiannya - JPNN.com Jateng
Acara puncak peringatan HUT ke-77 RI di Kelurahan Jatirejo, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8). Foto: Dokumentasi warga untuk JPNN.com

jateng.jpnn.com - Perkembangan Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, membuat bangga pemkot setempat. Kelurahan ini tidak hanya berkembang dari sisi wisata alam dan UMKM, tetapi juga terlibat aktif dalam penanggulangan dampak perubahan iklim.

"Saya bangga dengan perkembangan Desa Jatirejo," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang Bambang Suranggono saat menghadiri Peringatan HUT ke-77 RI dan Tasyakuran Warga Jatirejo, Minggu (21/8).

Dia mengatakan Desa Jatirejo berhasil meraih juara 2 lomba Program Kampung Iklim (Proklim) se Kota Semarang. Padahal sebelumnya, desa ini tidak pernah masuk di 10 besar.

"Tahun ini Jatirejo menunjukkan perkembangan yang luar biasa hingga meraih juara 2 Proklim se Kota Semarang, hanya kalah dari Kelurahan Tajung Emas Semarang,” ujar Bambang.

Dia mengatakan Proklim merupakan salah satu program berlingkup nasional yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

"Di Kota Semarang, upaya ini diselenggarakan dengan mengadakan lomba Proklim antar-kelurahan, untuk mendorong partisipasi dan kesadaran masyarakat," tuturnya.

Pada acara puncak peringatan HUT ke-77 RI, warga diajak Madang (Sarapan) Bareng Sego Guling Khas Jatirejo di Pasar Minggu Pagi.

Sedikitnya ada 300 Sego Guling Khas Jatirejo yang disediakan dan dimakan secara bersama-sama. Sehingga tampak guyub dan gayeng kegiatan yang digelar baru pertama kali ini usai pandemi Covid-19. Sebelum sarapan bareng Sego Guling Khas, warga diajak mengikuti jalan sehat bersama.

Kelurahan Jatirejo, Gunungpati, terus membuat Pemkot Semarang bangga atas capaiannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia