Di Hadapan Mahasiswa UIN Salatiga, Gus Yasin Bicara Soal Makna Khilafah

Jumat, 26 Agustus 2022 – 20:02 WIB
Di Hadapan Mahasiswa UIN Salatiga, Gus Yasin Bicara Soal Makna Khilafah - JPNN.com Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyebut isu khilafah sudah tak berlaku di Indonesia. Khilafah sudah selesai, lantaran kerajaan Islam di Tanah Air telah runtuh.

Gus Yasin, sapaan akrabnya memberi pencerahan makna khilafah yang masih menjadi kekhawatiran berbagai daerah di Indonesia.

Dia juga menjawab kecemasan akan khilafah dari pertanyaan seorang mahasiswi Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga.

Mahasiswi bernama Aisyi Nisa itu menaruh perhatian serius terhadap paham khilafah apabila muncul di Indonesia, terutama di sekitarnya.

"Mereka ada kekhawatiran tentang kawan-kawannya yang ada di kampus, mengikuti paham-paham khilafah, paham-paham radikalisme, intoleransi," tutur Gus Yasin di UIN Salatiga, Jumat (26/8).

Gus Yasin menyatakan bahwa masa khilafah sudah selesai, seiring dengan runtuhnya kerajaan Islam, setelah era Utsmaniyah.

Indonesia sudah merdeka menjadi negara republik, seperti negara timur tengah yaitu Irak, Mesir, Yaman dan Suriah. Menurutnya, generasi muda harus berani menunjukkan jati diri dengan rasa nasionalisme.

"Dari pondok pesantren mana atau dari almamater mana, yang mungkin itu teguh untuk membentengi NKRI," tuturnya.

Gus Yasin menyebut kekhawatiran khilafah sirna setelah kerajaan Islam di Indonesia sudah runtuh sejak lama.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News