Dapat Arahan Jokowi, Ganjar Siapkan 120 Hektare Lahan Siap Tanam Sorgum

Jumat, 26 Agustus 2022 – 22:15 WIB
Dapat Arahan Jokowi, Ganjar Siapkan 120 Hektare Lahan Siap Tanam Sorgum - JPNN.com Jateng
Sorgum sebagai pangan alternatif. FOTO: Humas Kementan.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Tiga daerah di Jawa Tengah telah disiapkan untuk pengembangan sorgum sebagai pangan alternatif. Langkah itu dilakukan tak lepas dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lahan seluas 120 hektare untuk mendukung ketahanan pangan nasional berada di Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, dan Cilacap.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng Supriyanto mengatakan lahan yang sudah ditanami sorgum siap panen itu memiliki luas berbeda-beda.

"Atas biaya APBN kami dapat 120 hektare. Di Wonogiri 50 hektare sudah tanam Juli," kata Supriyanto, Jumat (26/8).

Supriyanto mengatakan Kabupaten Wonogiri memiliki jatah lahan 60 hektare. Sorgum telah ditanam di lahan 50 hektare, sedangkan sisanya akan akan selesei ditanam bulan ini.

"Di Sukoharjo ada 20 hektare, tanam Agustus. Yang 40 hektare di Cilacap tanam Oktober tahun ini," ujarnya.

Tiap hektare lahan produktivitas sorgum mencapai 8 sampai 9 ton. Totalnya apabila keseluruhan lahan seluas 120 hektare panen, akan menghasilkan 960 hingga 1.080 ton sorgum.

Masa panen sorgum sekitar tiga bulan. Sorgum yang ditanam maksimal Oktober itu akan dapat dipanen sebelum akhir tahun ini.

Ganjar siapkan 120 hektare lahan siap tanam sorgum seusai dapat arahan Jokowi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News