Pelaku Pembuangan Limbah Anjing di Bengawan Solo Ternyata Tokoh Masyarakat

Kamis, 01 September 2022 – 07:00 WIB
Pelaku Pembuangan Limbah Anjing di Bengawan Solo Ternyata Tokoh Masyarakat - JPNN.com Jateng
Pengecekan yang DLH Provinsi Jateng kepada salah satu warga yang membuang limbah anjing di Sungai Bengawan Solo, Rabu (31/8/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Tengah memastikan kebenaran terkait laporan pembuangan limbah anjing berupa darah dan organ tubuh hewan tersebut di Sungai Bengawan Solo.

Pengawas Lingkungan Hidup Ahli Madya DLH Jawa Tengah Aris Haryadi mengatakan dari pengecekan fakta di lapangan akan dibuatkan berita acara temuan.

"Kalau dari informasi yang kami terima, kejadian sudah dua minggu lalu dan yang bersangkutan hanya melakukan satu kali. Kalau (penyembelihan) dilakukan setiap hari pasti darah sudah tercecer di mana-mana," katanya di sela pengecekan di Solo, Rabu (31/1).

Dia menyampaikan saat ini pelaku pembuangan limbah anjing tersebut sudah tidak melakukan penjagalan.

"Dari laporan hanya menerima daging yang sudah disembelih di tempat lain dan (sampai di Solo) sudah siap dimasak," katanya.

Mengenai sanksi, kata Aris, hingga saat ini belum dikenakan kepada warga yang bersangkutan.

"Tindakan seperti ini baru teguran, yang pasti (limbah) apapun tidak boleh dibuang ke sungai. Kalaupun melakukan penyembelihan harus ada pengelolaan limbah," katanya.

Sementara itu, pelaku pembuangan limbah anjing Daryanto mengaku sudah lama tidak melakukan penyembelihan anjing. Meski demikian, dia mengaku dulu pernah membuka jasa penyembelihan anjing.

Duh, pelaku pembuangan limbah anjing di Sungai Bengawan Solo ternyata tokoh masyarakat. Gibran sampai geleng-geleng kepala.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News