Begini Cara Menyimpan Uang Kertas Agar Tak Dimakan Rayap

Selasa, 13 September 2022 – 18:28 WIB
Begini Cara Menyimpan Uang Kertas Agar Tak Dimakan Rayap - JPNN.com Jateng
Samin (53) saat sedang memperlihatkan uang miliknya yang dimakan rayap di SD Lodjiwetan, Solo, Selasa (13/09/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Kasus uang dimakan rayap milik Samin (53) seorang penjaga sekolah kontrak di SD Lodjiwetan Solo menjadi pelajaran. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Nugroho Joko Prastowo menjelaskan uang kertas tidak dapat diperlakukan secara sembarangan. Uang kertas tidak boleh dilipat, disteples, dibasahi, dan digambar.

"Kami juga mengajak menyimpan uang di tempat aman. Aman dari rayap dan pencurian, yakni di bank," katanya, Selasa (13/9).

Joko menilai jika kerusakan uang yang diderita oleh Samin adalah kerugian dari BI sebagai lembaga keuangan yang menerbitkan, mengedarkan, dan memusnahkan. 

"Uang ini menjadi bagian dari perlindungan konsumen. Jadi kami akan mengganti uang asli yang rusak, tetapi tidak bisa mengganti uang palsu dan uang hilang," jelasnya.

Penukaran uang rusak dijadwalkan setiap hari Kamis. Namun, sebelum datang ke kantor untuk menukarkan uang, warga wajib mendaftar terlebih dulu secara online. Pendaftaran dapat diakses melalui situs pintar.bi.go.id. 

"Jadi mengisi dulu berapa nominalnya, ditukarnya apa. Setelah itu jika akan mendapat nomor melalui website," kata Joko.

Selain itu, lanjut dia, warga juga wajib mengetahui syarat untuk mendapat uang pengganti yakni harus uang asli dan wajib memiliki luasan 2/3 atau 68 persen dari total luasan uang.

Uang puluhan juta milik Samin (53) rusak akibat dimakan rayap. Bank Indonesia pun mengimbau masyarakat agar bisa menyimpan uang dengan aman.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia