BBM Naik, Airlangga Hartarto Minta Pemda Bantu Tekan Inflasi

Jumat, 16 September 2022 – 23:13 WIB
BBM Naik, Airlangga Hartarto Minta Pemda Bantu Tekan Inflasi  - JPNN.com Jateng
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto saat hendak meninggalkan Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, Jumat (16/09/2022). Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SOLO - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pemerintah daerah dan kota bergotong-royong dengan pusat mensubsidi rakyat pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Airlangga menjelaskan pemerintah menargetkan inflasi pangan maksimal 5 persen. Beberapa bahan makanan pokok yang sudah mengalami inflasi di antaranya bawang, cabai merah dan cabai rawit. 

"Oleh karena itu, arahan presiden meminta pemerintah daerah gotong-royong mensubsidi transportasi," katanya dalam acara Srawung Sanak Mangkunegaran di Kusuma Sahid Prince Hotel, Solo, Jumat (16/09).

Selain itu, kata dia, pemda juga diminta untuk menentukan sentra produksi guna menjalin kerja sama antar-wilayah dalam bidang peningkatan ekonomi.

Menurut Airlangga, penyesuaian harga BBM bersubsidi akan berimbas pada kenaikan angka inflasi sebesar 1,5 - 2 persen sehingga menekan angka inflasi pangan di bawah 5 persen akan menekan angka inflasi secara umum.

"Tantangan kita memang empat bulan ke depan. Praktis selama itu kita bekerja bersama dengan gotong-royong. Kalau ini bisa kita jaga, sekali lagi Indonesia bisa keluar sebagai negara yang mampu menangani inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan penanganan Covid-19," ujar dia.

Airlangga pun meminta agar pemda segera membelanjakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) setelah sebelumnya anggaran tersebut digunakan untuk bantuan sosial sebesar 2 persen.

"APBD masih banyak yang belum dibelanjakan. Mungkin kami harapkan segera dibelanjakan setelah kemarin dikeluarkan untuk bansos sebesar dua persen," ujar dia.

Airlangga Hartarto minta pemda gotong-royong bareng pemerintah pusat selama 4 bulan ke depan untuk tekan ancaman inflasi.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News