Muktamar Muhammadiyah di Solo, Gibran Bersiap Sambut 3 Juta Orang

Jumat, 16 September 2022 – 02:11 WIB
Muktamar Muhammadiyah di Solo, Gibran Bersiap Sambut 3 Juta Orang - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan Ketua Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah dan 'Aisyiyah ke-48 Sofyan Anif di Balai Kota Surakarta, Kamis (15/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Jutaan orang diperkirakan bakal tiba di Solo, Jawa Tengah, untuk memeriahkan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Untuk menyambut rombongan tersebut, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyiapkan sejumlah gedung sekolah sebagai tempat transit para partisipan Muktamar Muhammadiyah.

"Nanti juga ada dukungan dari TNI/Polri, untuk mes-mesnya bisa digunakan juga sebagai transit atau tempat tinggal sementara. Sekolah-sekolah juga bisa digunakan untuk transit, terutama nanti untuk acara puncak di pembukaan pada 19 November," katanya di Solo, Kamis (15/9).

Menurut Gibran, lokasi Solo juga strategis bagi para tamu yang kebetulan menginap di kota-kota lain, seperti Semarang.

"Akses tol, kan, enak. Nanti, kan, ada sekitar tiga juta orang, sedangkan jumlah penduduk kami cuma 500 ribuan," katanya.

Beberapa fasilitas yang akan disiapkan di sekolah-sekolah yang akan digunakan untuk para penggembira tersebut di antaranya toilet portabel dan kasur.

"Kami masih punya banyak bed (tempat tidur) yang kami pakai untuk isolasi dulu (isolasi Covid-19, red.). Masih baru semua, kan, banyak sekali yang tidak terpakai, jadi masih baru," katanya.

Dari sisi transportasi, Pemkot Surakarta akan menyediakan shuttle bus.

Gibran Rakabuming Raka bersiap menyambut kedatangan 3 juta orang di Solo dalam Muktamar Muhammadiyah.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News