Petani Tembakau Dijamin Lebih Untung, Mendag Zulkifli Hasan Sudah Turun Tangan

Rabu, 28 September 2022 – 19:49 WIB
Petani Tembakau Dijamin Lebih Untung, Mendag Zulkifli Hasan Sudah Turun Tangan - JPNN.com Jateng
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menunjukkan rokok hasil buatannya saat mengunjungi pabrik rokok di salah satu gudang produksi rokok Karangbener PT Djarum Kudus, Jawa Tengah, Rabu (28/9/2022). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memfasilitasi petani untuk bisa memasok tembakau langsung ke pabrik rokok. Upaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, selama ini rantai distribusi tembakau dari petani ke pabrik rokok terlalu panjang.

Selain itu, kata dia, masing-masing tengkulak memiliki aturan yang berbeda-beda.

"Agar petani tembakau tidak dirugikan karena panjangnya rantai distribusi tembakau yang mengakibatkan harga di tingkat petani jauh lebih murah, petani harus dipertemukan langsung dengan pabrik rokok," kata dia, di sela-sela kunjungannya ke gudang produksi rokok Karangbener PT Djarum Kudus, Rabu (28/9).

Mendag menjelaskan upaya serupa juga pernah dilakukan saat dirinya menyelesaikan permasalahan sawit.

"Akhirnya petani dan pengusaha juga senang, masyarakat juga menikmati harga minyak goreng murah dan pemerintah mendapatkan pemasukan dari pajak," tuturnya.

Zulkifli Hasan berharap, dipertemukannya perwakilan petani tembakau dari Madura, Jawa Timur dengan perwakilan PT Djarum Kudus, bisa memotong rantai distribusi yang cukup panjang.

Dia mengatakan nantinya petani tembakau dari Madura mendapat harga yang bagus, sedangkan pabrik rokok juga maju sehingga sama-sama untung.

Mendag Zulkifli Hasan memutus rantai distribusi tembaku ke pabrik rokok yang dinilai terlalu panjang sehingga merugikan petani.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News