Harga Tembakau Tak Pernah Naik, Bupati Temanggung Ambil Jalan Lain

Kamis, 25 Agustus 2022 – 04:30 WIB
Harga Tembakau Tak Pernah Naik, Bupati Temanggung Ambil Jalan Lain - JPNN.com Jateng
Proses pembuatan cerutu di salah satu perusahaan di Temanggung, Jawa Tengah. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGUNG - Bupati Temanggung M. Al Khadziq menyebut ada beraneka masalah di bidang rokok akhir-akhir ini. Salah satu permasalahan tersebut ialah harga jual tembakau Temanggung yang belum sesuai dengan harapan petani.

Menurutnya, petani sampai saat ini tidak pernah mengalami kenaikan harga tembakau.

Oleh sebab itu, pihaknya mengadakan pelatihan membuat cerutu yang diikuti oleh puluhan peserta.

"Pelatihan ini bisa menumbuhkan UKM baru di bidang pertembakauan. Selama ini di bidang pertambakauan lebih banyak petani hanya menjadi substitusi dari roda industri rokok, yang merupakan industri besar," katanya, Rabu (24/8).

Pihaknya merasa perlu memunculkan usahawan-usahawan baru, meskipun menengah dan kecil, tetapi makin banyak pelaku maka akan makin banyak inovasi di bidang pertembakauan.

"Ke depan, kami berharap mereka bisa memecah kebuntuan dari berbagai permasalahan harga tembakau," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung Agus Sarwono mengatakan pelatihan menggunakan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) ini diselenggarakan pada 23-24 Agustus 2022.

Dia menyampaikan tembakau merupakan tanaman andalan petani di Kabupaten Temanggung, tetapi dari tahun ke tahun penghasilan petani tembakau makin menurun.

Bupati M. Al Khadziq mengungkapkan harga jual tembakau Temanggung tidak pernah mengalami kenaikan. Begini langkah yang bakal ditempuh.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News