Festival Wiwit Tembakau dan Kopi Temanggung Bangkitkan UMKM

Selasa, 23 Agustus 2022 – 21:55 WIB
Festival Wiwit Tembakau dan Kopi Temanggung Bangkitkan UMKM - JPNN.com Jateng
Pengunjung Festival Wiwit Tembakau dan Kopi menikmati kuliner di stan gelar UMKM di sekitar Alun-Alun Temanggung. ANTARA/HO-Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Pemkab Temanggung.

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Festival Wiwit Tembakau dan Kopi di Temanggung pada 19-21 Agustus 2022 telah mendorong kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono mengatakan kegiatan ini menjadi motivasi bagi pelaku UMKM setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

"Wiwit tembakau dan kopi dilaksanakan selama tiga hari diikuti oleh UMKM makanan tradisional dan kerajinan, UMKM kopi, tembakau lembutan, dan pedagang keliling," katanya, Selasa (23/8).

Entargo menyebutkan ada 195 pelaku UMKM yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut dengan omzet mencapai Rp 219.418.000 untuk zona I.

Kemudian di zona II yang menjadi penyangga juga cukup memberikan kontribusi bagi para pelaku UMKM di sekitar alun-alun, yakni di Jalan MT. Haryono sebesar Rp 215 juta, Taman Pengayoman dan para pedagang kaki lima sebesar Rp 105 juta.

"Total perputaran uang selama Festival Wiwit Tembakau dan Kopi sebesar Rp 539.418.000," katanya.

Dia berharap di masa mendatang makin banyak UMKM yang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Selain melakukan tradisi tahunan wiwit tembakau dan kopi, festival ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat karena menyajikan berbagai kesenian tradisional, dan juga menjadi berkah bagi pelaku UMKM," katanya.(antara/jpnn)

Festival Wiwit Tembakau dan Kopi Temanaggung mendorong kebangkitan UMKM setempat.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News