Ribuan Seniman Meriahkan Perade Seni Merdeka di Temanggung

Kamis, 18 Agustus 2022 – 18:51 WIB
Ribuan Seniman Meriahkan Perade Seni Merdeka di Temanggung - JPNN.com Jateng
Kesenian kuda lumping Satrio Bhumi Phala Temanggung tampil dalam parade seni merdeka di timur Alun-Alun Kabupaten Temanggung, Kamis (18/8/2022). ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Ribuan seniman memeriahkan Parade Seni Merdeka dalam rangkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Temanggung, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji mengatakan kegiatan ini diikuti 20 kelompok kesenian dari masing-masing kecamatan.

Saltiyono menyampaikan selain untuk memeriahkan HUT ke-77 RI, Parade Seni Merdeka ini juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sudah dua tahun ditiadakan, karena pandemi Covid-19 dan tahun ini digelar untuk memberi hiburan masyarakat," katanya, Kamis (18/8).

Kelompok seni tersebut memulai kirab dari kawasan Kowangan hingga panggung kehormatan di sebelah timur Alun-Alun Temanggung.

Di depan panggung kehormatan tersebut masing-masing kelompok seni diberi waktu untuk mementaskan keseniannya.

Selain menampilkan 20 kesenian dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Temanggung, juga didatangkan kelompok kesenian reog dari Ponorogo dan penampilan kesenian kuda lumping Satrio Bhumi Phala Temanggung.

"Total seniman baik penari maupun pengrawit yang terlibat dalam parade ini sekitar 1.150 orang termasuk seniman reog," katanya.

Ribuan seniman tumpah ruah dalam Parade Seni Merdeka di Temanggung, Jateng. Acara tersebut untuk memeriahkan HUT ke-77 RI.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News