Bupati Temanggung Jamin Panen Tembakau Petani Terserap Habis

Kamis, 18 Agustus 2022 – 15:28 WIB
Bupati Temanggung Jamin Panen Tembakau Petani Terserap Habis - JPNN.com Jateng
Petani di lereng Gunung Sumbing Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung menjemur tembakau. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Bupati Temanggung M Al Khadziq menjamin penyerapan tembakau oleh pabrik rokok pada panen tahun ini meski belum ada kepastian kuota pembelian.

Menurutnya, permintaan pabrik selalu lebi tinggi dadi total panen tembakau di daerah tersebut. Oleh sebabnya, dia meminta petani tidak mengkhawatirkan penyerapan tembakau.

"Sampai sekarang belum ada informasi tentang kuota pembelian tembakau yang akan dibeli pabrik rokok. Namun, petani tidak perlu khawatir dengan kuota pembelian tembakau, karena tembakau Temanggung tahun ini diperkirakan produksinya menurun dibanding tahun lalu akibat perubahan iklim," kata Khadziq di Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (18/8).

Menurut dia, pada tahun ini produksi tembakau sekitar 12 ribu ton, sedangkan pabrik rokok setiap tahun menyerap lebih dari 25.000 ton.

"Jadi semua pasti terserap karena kebutuhan industri jauh melebihi kapasitas produksi di Temanggung," ujar dia.

Untuk itu, kata dia, masyarakat Temanggung perlu menjaga kualitas tembakau yang selama ini dikenal sebagai tembakau berkualitas tinggi.

"Kalau tidak dijaga kualitasnya nanti justru kepercayaan pabrik yang akan menurun kepada tembakau Temanggung, oleh karena itu saya minta seluruh masyarakat bekerja bersama-sama menjaga kualitas tembakau Temanggung sejak kualitas bibit sampai kualitas pengolahannya," katanya.

Khadziq mengimbau tembakau Temanggung jangan dicampur dengan tembakau dari luar daerah karena hal itu akan menurunkan kualitas tembakau Temanggung.

Bupati Temanggung M Al Khadziq meminta petani Tembakau di kabupaten tersebut tidak mengkhawatirkan penyerapan hasil panen.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News