Ganjar Tunjukkan Keberpihakan kepada Petani Tembakau, Gagas Tobacco Center

Rabu, 10 Agustus 2022 – 02:11 WIB
Ganjar Tunjukkan Keberpihakan kepada Petani Tembakau, Gagas Tobacco Center - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berada di lahan tembakau di Temanggung, Selasa (8/9). Foto: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong adanya pusat pertembakauan atau tobacco center yang dapat menjadi tujuan utama riset, dan penelitian tanaman tersebut.

Ganjar menyebut tobacco center bisa dimanfaatkan sebagai pengembangan benih, jenis tembakau, penanaman hingga produktivitas.

"Kalau perlu tempat lelang tembakau dunia itu dikuasai kita. Itu baru kita hebat," kata Ganjar di Temanggung, Selasa (9/8).

Optimismenya terhadap tobacco center didasari adanya keinginan pihak yang berniat menghilangkan hulu industri tembakau dengan mengganti komoditas lain seperti kopi.

"Ada gunung dan biasanya gunung-gunung itu menyediakan ruang yang bagus untuk jenis tanaman ini," ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan letak dan kondisi geografis Indonesia memiliki banyak tempat yang menyediakan lahan untuk mendukung adanya tobacco center.

"Tempat-tempat bagus ini menurut saya bagian yang musti kita atur, kita didik, kita edukasi, dan kita siapkan," tuturnya.

Ganjar menjelaskan bulat tekadnya mendorong adanya tobacco center dapat menjadi solusi persoalan impor yang dihadapi petani dan pabrik rokok.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo optimis terhadap tobacco center untuk menghilangkan praktik impor tembakau.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News