Tinjau Panen Tembakau di Temanggung, Ganjar: Kebangetan Jika Negara Impor Rokok

Selasa, 09 Agustus 2022 – 23:30 WIB
Tinjau Panen Tembakau di Temanggung, Ganjar: Kebangetan Jika Negara Impor Rokok  - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut industri tembakau dan rokok kerap memiliki masalah sama dalam perkembangannya tiap tahun.

Menurutnya perlu ada langkah yang diambil secara bersama antara seluruh pihak, baik pembuat kebijakan, petani, dan industri.

"Ada PP yang mengatur tentang tembakau. Selalu biasanya ramai kebijakan cukai," kata Ganjar di Temanggung, Selasa (9/8).

Ganjar menyatakan persoalan tersebut selalu dihadapi tiap tahun, ketika panen dan saat penjualan tembakau. Titik temu untuk memecahkan masalah tersebut harus segera dilakukan.

"Ini yang menurut saya antara pembuat kebijakan, di hulunya ada petani, di tengahnya ada industri, ini musti duduk bareng karena ini menarik," ujarnya.

Ganjar berkata, permasalahan dalam bisnis tembakau dan rokok sudah seharusnya selesai. Sebab, negara telah mendapatkan penghasilan dari bisnis tersebut.

"Sisi lain ada yang tidak setuju, maka orang bicara kesehatan. Sisi lain makin banyak perusahaan kita diambil orang," tuturnya.

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu mengaku miris melihat praktik impor kretek yang tengah berlangsung dan membuat risau para petani tembakau dalam negeri.

Ganjar menyatakan kebangetan jika ada praktik impor kretek dalam titik temu bisnis tembakau & rokok di Temanggung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News