Ibu Negara & Istri-istri Seluruh Gubernur-Menteri Bakal Berkumpul di Solo, Ada Apa?

Rabu, 28 September 2022 – 20:06 WIB
Ibu Negara & Istri-istri Seluruh Gubernur-Menteri Bakal Berkumpul di Solo, Ada Apa? - JPNN.com Jateng
Jumpa pers parade kebaya di Solo, Rabu (28/9/2022). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Ketua Himpunan Ratna Busana Surakarta Danarsih Santosa Doellah mengatakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bakal menghadiri parade kebaya di Solo pekan ini.

Dia mengatakan kegiatan parade kebaya merupakan prakarsa dari Iriana, yang akan digelar pada Hari Batik Nasional, 2 Oktober 2022.

"Ibu Ana (Iriana) mengingatkan bahwa kebaya asalnya dari Solo, ini juga seiring dengan gerakan Kebaya Goes To UNESCO. Oleh karena itu, beliau meminta saya untuk membuat gerakan ini, beliau bilang nanti akan datang," katanya, Rabu (28/9).

Danarsih mengatakan Iriana Jokowi berjanji tidak akan datang sendirian melainkan juga membawa serta istri-istri seluruh gubernur di Indonesia dan OASE yang terdiri dari para istri menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Melihat antusiasme beliau, saya mantap pada 2 akan berjalan bersama Ibu Negara dengan berkebaya," katanya.

Ketua Pelaksana Acara Febri Dipokusumo mengatakan saat ini gerakan berkebaya sedang marak di Indonesia.

Menurut dia, ada tujuan khusus mengapa kegiatan berkebaya ini digaungkan oleh banyak komunitas, salah satunya mendukung usulan kebaya sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Febri mengatakan parade kebaya tersebut akan melibatkan sebanyak 2.500 peserta. Nantinya para peserta akan berjalan kaki dengan mengenakan busana kebaya dari Rumah Dinas Wali Kota Surakarta Loji Gandrung hingga ke Dalem Wuryoningratan yang berjarak sekitar 750 meter.

Ibu Negara Iriana Jokowi dan istri-istri para gubernur-menteri bakal berkumpul di Solo pekan ini. Ternyata demi acara ini.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News