Petani Temukan Fosil Gajah Purba di Situs Patiayam Kudus, Begini Penampakannya

Kamis, 29 September 2022 – 21:11 WIB
Petani Temukan Fosil Gajah Purba di Situs Patiayam Kudus, Begini Penampakannya - JPNN.com Jateng
Temuan terbaru fosil tulang belakang dan tulang rusuk gajah purba saat ini disimpan di Museum Patiayam Kudus, Jawa Tengah. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Fosil gajah purba ditemukan di Situs Patiayam Desa Terban, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Fosil yang ditemukan merupakan tulang belulang dan rusuk gajah.

Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus Jamin mengatakan lokasi penemuan ini masih berada di satu kawasan dengan temuan gading gajah sepanjang 2,5 meter enam bulan bulan lalu.

"Penemu fosil merupakan petani penggarap lahan yang juga menemukan fosil gading gajah sebelumnya ketika tengah melakukan aktivitas cocok tanam di sekitar bukit Patiayam," katanya, Kamis (29/9).

Dia mengatakan diperkirakan masih terdapat satu individu gajah purba, sebab dengan temuan sebelumnya masih dalam satu koordinat.

Temuan fosil tulang belakang dan tulang rusuk tersebut, lanjut dia, sudah ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelamatan temuan fosil gading gajah purba bersama tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan pengangkatan temuan dilakukan pada Rabu (28/9) untuk dibawa ke Museum Situs Purbakala Patiayam.

"Sementara pengangkatan fosil gading gajah purba sepanjang 2,5 meter dimulai pada awal Agustus 2022. Kemudian, pada 8 Agustus 2022 dievakuasi ke Museum Patiayam Kudus," jelasnya.

Dia mengungkapkan kondisi gading gajah tersebut termasuk masih bagus, karena masih terlihat utuh. Temuan lainnya juga sudah dievakuasi ke museum.

"Berdasarkan keterangan tim ahli, usia fosil tersebut dari segi geologinya berusia antara 750.000 hingga 1,5 juta tahun lalu," ungkapnya.

Begini penampakan fosil tulang belulang dan rusuk gajah purba yang ditemukan di area Situs Patiayam Kudus.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News