Temuan Fosil Purba di Situs Patiayam Kudus Makin Banyak, Museumnya Tak Layak

Jumat, 16 September 2022 – 02:40 WIB
Temuan Fosil Purba di Situs Patiayam Kudus Makin Banyak, Museumnya Tak Layak - JPNN.com Jateng
Suasana di Museum Patiayam Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terlihat kurang luas. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Temuan fosil purba di Situs Patiayam Kudus, Jawa Tengah, terus bertambah. Hal tersebut membuat Museum Patiayam Kudus kelebihan muatan sehingga fosil ditempatkan tidak sebagaiman mestinya.

Bupat Kudus Hartopo mengatakan penambahan ruang pamer di museum fosil purbakala itu memang mendesak dilakukan.

"Banyak fosil purba hasil temuan ternyata tempat penyimpanannya kurang representatif, belum lagi ruang pamernya juga sangat terbatas," katanya, Kamis (15/9).

Oleh karenanya, pemkab setempat menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk memperluas ruang pamer Museum Patiayam Kudus.

Menurutnya, dengan adanya anggaran Rp 2 miliar, diharapkan bisa menambah ruang pamer menyusul akan dibangun kembali bangunan yang sama yang berlokasi di sebelah museum.

"Luas bangunan museum yang ada sekarang kurang representatif karena hanya bisa menampilkan koleksi museum dengan jumlah yang sangat minim, sedangkan koleksi fosil purba yang dimiliki cukup banyak," ujarnya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah menambahkan pembangunan museum yang baru untuk perluasan ruang pamer sudah dimulai.

Dia mengatakan rencana pengadaan tanah untuk sementara belum bisa direalisasikan karena membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Meskipun demikian, dengan adanya bangunan baru yang bisa digunakan untuk ruang pamer patut diapresiasi sehingga wisatawan yang berkunjung ke museum tidak lagi kecewa karena koleksinya sangat terbatas.

"Temuan fosil purba dari Situs Patiayam hingga Juli 2022 mencapai 9.346 fosil," ujarnya.

Pamong Budaya Ahli Muda Museum Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Dody Wiranto mengakui temuan fosil purba di Situs Patiayam memang hampir lengkap, mulai dari gigi manusia purba, peralatan yang digunakan manusia purba hingga fosil fauna.

Dia optimistis ketika ruang pamer museumnya memadai maka nantinya bisa menjadi daya tarik wisatawan dan menjadi tempat edukasi.

Adapun fosil yang ditemukan di Situs Patiayam meliputi, Stegodon Trigonochepalus (gajah purba), Elephas Sp (juga sejenis gajah purba), Ceruss Zwaani dan Cervus Lydekkeri Martin (sejenis rusa), dan Rhinoceros Sondaicus (badak).

Temuan fosil purba di Situs Patiayam Kudus terus bertambah, tetapi museum untuk menyimpan tidak layak.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News