Ganjar Terbitkan SE Pemakaian Asbuton, Bupati & Wali Kota Harus Siap

Jumat, 30 September 2022 – 13:35 WIB
Ganjar Terbitkan SE Pemakaian Asbuton, Bupati & Wali Kota Harus Siap - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bupati dan wali kota menggunakan aspal dari Buton (asbuton) melalui surat edaran.

Dari surat edaran (SE) yang diteken Ganjar, merupakan bagian implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

"Kalau aspal kita dari dalam negeri saja ada kenapa kita tidak mau menggunakan," kata Ganjar seusai menghadiri acara diskusi Strategi Percepatan Pembangunan Gender Provinsi Papua Barat di Novotel Hotel Semarang, Jumat (30/9).

Ganjar menerbitkan SE tersebut, sehari setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Buton, Sulawesi Tenggara.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi memutuskan untuk tidak lagi impor aspal karena melihat potensi aspal sangat besar di Buton yakni mencapai 662 juta ton.

Ganjar menyebut asbuton telah digunakan untuk jalan halaman kantornya. Termasuk beberapa ruas jalan di Jawa Tengah juga telah memanfaatkan aspal dalam negeri itu.

"Bahkan suhunya tidak perlu panas-panas. Maka kita sampaikan ini ada aspal yang bisa dipakai buatan dalam negeri, ayo kita gunakan," ujarnya.

Dia mengatakan dalam proyek pembangunan harus memiliki kepercayaan diri dengan menggunakan hasil ataupun produk dalam negeri.

Ganjar terbitkan surat edaran pemakaian asbuton, meminta bupati & wali kota harus siap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News