Ratusan Warga Kota Pekalongan Terserang DBD, 2 Meninggal Dunia

Kamis, 06 Oktober 2022 – 14:20 WIB
Ratusan Warga Kota Pekalongan Terserang DBD, 2 Meninggal Dunia - JPNN.com Jateng
Petugas Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Jateng, sedang melakukan penyemprotan (fogging) di wilayah endemis, Rabu (5/10-2022). (FOTO ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, PEKALONGAN - Sebanyak 155 warga Pekalongan, Jawa Tengah, terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD) selama periode Januari-September 2022.

Administrator Kesehatan Muda Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan Opik Taufik mengatakan dari jumlah tersebut, dua warga dinyatakan meninggal dunia.

"Kasus DBD itu hampir tersebar di semua wilayah empat kecamatan di Kota Pekalongan," katnya, Kamis (6/10).

Menurut dia, kasus DBD yang terjadi pada 2022 ini cenderung meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 39 orang, dan dua korban di antaranya meninggal dunia.

Kondisi cuaca yang tidak menentu, kata dia, misalnya hari ini hujan besoknya panas menyebabkan kasus penyebaran DBD cenderung meningkat.

"Oleh karena itu, kami mengimbau masyarakat waspada melakukan pencegahan DBD dengan meningkatkan kebersihan lingkunganya masing-masing," katanya.

Opik Taufik menyebutkan penyebaran kasus demam berdarah didominasi di wilayah Kecamatan Pekalongan Barat dan Pekalongan Selatan.

Dikatakannya, pencegahan penyebaran kasus demam berdarah juga dapat dilakukan dengan memeriksa jentik secara berkala, pemberian abate positif, serta penyuluhan pada masyarakat agar berperilaku selalu menjaga kebersihan lingkungan secara serentak dan rutin.

Ratusan warga Kota Pekalongan terserang DBD dan 2 di antaranya meninggal dunia. Jumlah tersebut meningkat drastis dibandingan tahun lalu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News