Keren, Mahasiswa UNS Solo Ciptakan Alternatif Sumber Energi, Ini Dia

Jumat, 07 Oktober 2022 – 14:55 WIB
Keren, Mahasiswa UNS Solo Ciptakan Alternatif Sumber Energi, Ini Dia - JPNN.com Jateng
Tim Program Kreativitas Mahasiswa skema Riset Eksakta (PKM-RE) UNS. ANTARA/HO-Humas UNS

jateng.jpnn.com, SOLO - Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, menciptakan alternatif sumber energi berbasis biomassa dari tandan kosong kelapa sawit.

Ketua Tim Program Kreativitas Mahasiswa skema Riset Eksakta (PKM-RE) UNS Solo Enri Pramuja mengatakan inovasi yang dilakukan, yakni menciptakan biomassa yang bersumber dari limbah tandan kosong kelapa sawit.

Limbah tersebut, kata dia, diolah dengan menggunakan metode konversi dan jalur reaksi yang lebih mudah sehingga lebih efektif dan efisien.

"Senyawa yang didapatkan berupa γ-valerolactone yang terbuat dari selulosa hasil isolasi limbah tandan kosong kelapa sawit yang dikonversi dengan metode Catalytic Transfer Hydrogenation dan katalis Ni/UiO-66," katanya, Jumat (7/10).

Dia mengatakan senyawa γ-valerolactone dapat dimanfaatkan menjadi biofuel, aditif bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan etanol.

"Bahan bakar ini memiliki keunggulan dalam menurunkan konsentrasi asap dan karbon monoksida pada kendaraan bermotor," katanya.

Enri mengatakan salah satu biomassa yang sangat berpotensi untuk diaplikasikan sebagai biofuel adalah γ-valerolactone yang dapat dikonversi dari limbah tandan kosong kelapa sawit (TKKS).

Menurutnya, TKKS mengandung selulosa yang tinggi sekitar 43-63 persen dan mudah dijumpai di Indonesia.

Mahasiswa UNS Solo berhasil menciptakan alternarif sember energi berbasis biomassa. Inilah inovasi mereka.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News