BMKG Jateng Memprediksi Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan, Berikut Sebarannya

Minggu, 16 Oktober 2022 – 12:40 WIB
BMKG Jateng Memprediksi Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan, Berikut Sebarannya - JPNN.com Jateng
Ilustrasi - Cuaca ekstrem bakal melanda Jawa Tengah. Foto: ANTARA/Aprionis

jateng.jpnn.com, CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah pada 16-18 Oktober 2022.

Berdasarkan informasi yang dirilis BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang hari ini (16/10), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng dalam tiga hari ke depan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan prospek atau potensi cuaca ekstrem tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer.

"Ada pola belokan angin di sekitar Jateng serta anomali suhu muka laut positif di Laut Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa memicu adanya peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah," katanya.

Selain itu, kata dia, kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia khususnya Jateng.

"Berdasarkan kondisi tersebut, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng pada 16-18 Oktober," tegasnya.

Berikut sebaran cuaca ekstrem di Jawa Tengah 3 hari ke depan:

Minggu, 16 Oktober 2022

BMKG Jateng memprediksi cuaca ekstrem selama 3 hari. Kondisi tersebut tersebar tidak merata di berbagai daaerah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News