Begini Cara Ganjar Hadapi Varian Baru Covid-19

Jumat, 04 November 2022 – 21:22 WIB
Begini Cara Ganjar Hadapi Varian Baru Covid-19 - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut masyarakat tidak boleh menganggap remeh protokol kesehatan. Kasus harian Covid-19 mengalami peningkatan usai munculnya varian baru Omicron XBB.

"Pertama yang penting kita tetap pruden, kita tidak boleh sepelekan. Meskipun banyak informasi yang masuk bahwa varian ini tidak berbahaya," kata Ganjar seusai rapat kordinasi (Rakor) Covid-19, Jumat (4/11).

Ganjar menyatakan pertambahan kasus Covid-19 terus terjadi tiap harinya. Dia tak memungkiri adanya lonjakan tersebut, sebab diketahui angka kematian dan tempat tidur atau BOR di rumah sakit juga bertambah.

"Kami cek sekali lagi harus hati-hati, banyak di antara mereka yang komorbid. Jadi penyebabnya sebenarnya yang mana, komorbidnya atau ini (varian baru)," katanya.

Dalam rapat bersama Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Ganjar sepakat mengikuti keputusan dengan melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tak hanya itu, pihaknya kembali menggencarkan edukasi dan sosialisasi dilakukan agar masyarakat tetap mengenakan masker saat beraktivitas.

"Kuncinya hanya dua, satu pakai masker dua segera booster. Masker booster itu kita jadikan satu paket membangun kesadaran diri," tuturnya.

Perlu diketahui, saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Jawa Tengah per Kamis (3/11) terdapat 577 kasus. Dengan rincian 381 kasus menjalani perawatan, 184 kasus dinyatakan sembuh, dan 12 kasus meninggal dunia. (mcr5/jpnn)

Ganjar Pranowo punya jurus tersendiri untuk menghadapi varian baru Covid-19.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News