Indeks Kerawanan Pemilu 2024, Demak Masuk Kategori Rawan Sedang

Selasa, 20 Desember 2022 – 05:30 WIB
Indeks Kerawanan Pemilu 2024, Demak Masuk Kategori Rawan Sedang - JPNN.com Jateng
Anggota Bawaslu Demak Amin Wahyudi (kiri) saat menghadiri Launching Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dan Pemilihan Serentak 2024 di Jakarta. Foto: Humas Bawaslu Demak

jateng.jpnn.com, DEMAK - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI telah mengeluarkan hasil Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

Anggota Bawaslu Demak Amin Wahyudi menjelaskan secara umum hasil IKP 2024 ini menitik beratkan pada penyelenggaraan pemilu sebagai dimensi dengan skor tertinggi.

"Ini berarti bahwa profesionalitas penyelenggara pemilu menjadi faktor terbesar akan potensi kerawanan pada Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Demak itu, Senin (19/12).

IKP 2024 melihat pada 4 dimensi, yaitu dimensi konteks sosial politik, dimensi penyelenggaraan pemilu, dimensi partisipasi, dan dimensi kontestasi.

Menurutnya, dimensi penyelenggaraan pemilu lebih tinggi konstribusinya terhadap potensi lahirnya kerawanan dibandingkan tiga dimensi lainnya.

"Pada tingkat provinsi, Jawa Tengah dikategorikan sebagai daerah dengan tingkat rawan sedang dengan skor 34,83," ujarnya.

Kategori ini menempatkan Jawa Tengah pada posisi 20 dari 21 provinsi lainnya yang masuk dalam kategori rawan sedang.

Meskipun demikian, Jawa Tengah mendapatkan skor 91,67 dari dimensi penyelenggaraan pemilu. Skor ini menempatkan Jawa Tengah pada posisi keempat dengan kategori rawan tinggi jika dilihat dari dimensi ini.

Bawaslu telah meliris Indeks Kerawanan Pemilu 2024. Salah satu hasilnya, yakni menempatkan Kabupaten Demak masuk kategori rawan sedang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News