Ratusan Wisatawan Karimunjawa Telah Tiba di Tanjung Emas Semarang

Rabu, 28 Desember 2022 – 15:00 WIB
Ratusan Wisatawan Karimunjawa Telah Tiba di Tanjung Emas Semarang - JPNN.com Jateng
Wisatawan yang terjebak di Karimunjawa tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. FOTO: Humas SAR Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kapal Motor Penumpang (KMP) Kelimutu mengangkut 500 penumpang dari Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jumlah itu terdiri dari 361 wisatawan domestik, 49 mancanegara, serta sisanya adalah warga lokal yang berkepentingan.

Ratusan wisatawan bersama warga lokal itu menumpang KMP Kelimutu dari Pelabuhan Legon Bajak Kemujan, Kepulauan Karimunjawa sekitar pukul 21.00 WIB, Selasa (27/12). Keesokan paginya pada pukul 05.00 WIB berhasil berdandar di Semarang.

"Semua berhasil terevakuasi dalam keadaan sehat," kata Kepala kantor SAR semarang Heru Suhartanto di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Heru menyebut hadirnya KMP Kelimutu milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) Persero ini atas permohonan deviasi dari Pemerintah Kabupaten Jepara dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengevakuasi ratusan wisatawan yang terjebak beberapa hari karena cuaca buruk.

"Pemkab Jepara sudah menyiapkan armada 4 bus untuk membawa wisatawan lokal yang akan kembali ke Jepara," tuturnya.

Dari Karimunjawa menuju Semarang, KMP Kelimutu menempuh jarak sekitar 78 nautical mile dengan memerlukan waktu kurang lebih 6 jam mengarungi Laut Jawa.

KMP Kelimutu dipilih lantaran sanggup melewati gelombang tinggi yang sedang menerjang perairan utara Pulau Jawa. Spesifikasi KMP Kelimutu bisa mengangkut 100 pax dengan panjang sekitar 100 meter dan lebar 18 meter.

Belum lagi, sesuai standar keselamatan internasional, seluruh kapal milik PT PELNI dilengkapi dengan sejumlah alat penunjang keselamatan.

Kapal Motor Penumpang (KMP) Kelimutu mengangkut 500 penumpang dari Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News