Mbak Ita Bicara Solusi Agar Semarang Bebas Banjir, tetapi Ada Enggak Anggarannya?

Kamis, 05 Januari 2023 – 01:20 WIB
Mbak Ita Bicara Solusi Agar Semarang Bebas Banjir, tetapi Ada Enggak Anggarannya? - JPNN.com Jateng
Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu (ANTARA/I.C. Senjaya)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang terus mencari solusi agar ibu kota Jawa Tengah itu bebas dari banjir.

Terkini, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu memiliki pekerjaan rumah membebaskan lahan untuk proyek penanganan banjir.

"Pengadaan lahan tersebut antara lain untuk pembangunan kolam retensi dan normalisasi sungai," kata perempuan yang akrab disapa Mbak Ita itu, Rabu (4/1).

Ita menyebut dibutuhkan lahan seluas 250 ha untuk membangun kolam retensi yang nantinya menjadi tulang punggung pengendalian banjir di wilayah Semarang bagian timur.

"Nantinya aliran Sungai Babon dan Sringin akan masuk ke situ," katanya.

Selain itu, kata dia, masih dibutuhkan pembebasan sekitar 11 ha lahan untuk program normalisasi Sungai Plumbon sepanjang 4,8 meter.

Dia melanjutkan, untuk pengendalian banjir di wilayah barat masih dilakukan pembebasan lahan guna pekerjaan Jembatan Sungai Bringin serta jembatan rel KA yang melintas di atasnya.

"Anggaran normalisasi dan peninggian jembatan ada di Kementerian PUPR, Pemkot Semarang tinggal menyediakan lahan agar normalisasi berjalan," katanya.

Mbak Ita menyampaikan solusi agar Kota Semarang bebas banjir. Namun, apakah ketersedian anggaran mencukupi?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News