KRI Makassar Angkut BBM & Logistik ke Karimunjawa

Kamis, 05 Januari 2023 – 15:56 WIB
KRI Makassar Angkut BBM & Logistik ke Karimunjawa - JPNN.com Jateng
KRI Makassar 590 mengangkut BBM dan logistik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Kepulauan Karimunjawa. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - KRI Makassar 590 berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengangkut sembako, genset, dan BBM menuju Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Kamis (5/1).

Kapal milik TNI Angkatan Laut itu membawa barang kebutuhan pokok untuk masyarakat Karimunjawa, lantaran pasokannya tersendat sejak cuaca buruk, akhir Desember lalu.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengatakan kapal perang tersebut dipinjam oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sebab, cuaca yang buruk membuat armada kapal PELNI maupun pesawat tidak bisa menjangkau daerah berpenduduk sekitar sepuluh ribu jiwa itu.

"Karena kondisinya kemarin kita agak sulit menuju ke Karimun. Dengan kapal PELNI kemarin kesulitan, pesawat juga susah. Kemarin Pak Ganjar (Gubernur Jateng) minta bantuan kapal dari TNI Angkatan Laut," tutur Sumarno.

Pihaknya juga mengapresiasi Pertamina dan PLN yang segera berkoordinasi untuk bisa mengangkut BBM dan genset yang dibutuhkan masyarakat Karimunjawa.

Sumarno menyebutkan KRI Makassar membawa BBM jenis Pertalite 30 kiloliter, biosolar 65 kiloliter dan dexlite 5 kiloliter. Dari PLN, kapal akan mengantarkan genset statis sebanyak 5 unit, genset crane 2 unit, dan 10 drum oli.

"Terus juga bantuan dari Pemprov Jateng dari Dinas Ketahanan Pangan berupa beras, dari BPBD 400 paket sembako, dari Kementerian Perhubungan juga ada sembako dua ribu paket," tuturnya.

KRI Makassar 590 berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengangkut sembako, genset, dan BBM menuju Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Kamis (5/1).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News