Angka Kemiskinan di Brebes Turun 1,38 Persen, Gus Yasin: Hasil Gotong Royong

Jumat, 13 Januari 2023 – 17:44 WIB
Angka Kemiskinan di Brebes Turun 1,38 Persen, Gus Yasin: Hasil Gotong Royong - JPNN.com Jateng
Ilustrasi Alun-alun Kabupaten Brebes. FOTO: Humas Brebes Kab.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen memyebut angka kemiskinan di Brebes mengalami penurunan sebesar 1,38 persen dibanding tahun sebelumnya.

Tercatat, pada 2022 angka kemiskinan di Kabupaten Brebes sebesar 16,05 persen. Dia berharap jumlah tersebut bisa diturunkan lebih banyak lagi.

Gus Yasin, sapaan akrabnya, meminta program pemerintah terkait penurunan kemiskinan terus digencarkan. Satu di antaranya memaksimalkan program Satu OPD Satu Desa Dampingan.

"Saya rasa, ini hasil gotong royong kami mengeroyok kemiskinan bersama. Saya minta program yang sudah jalan, digencarkan lagi," katanya di Rumah Dinas Rinjani Semarang, Jumat (13/1).

Gus Yasin menyebut bahwa Brebes merupakan kabupaten yang dipilih pemerintah pusat sebagai salah satu wilayah miskin ekstrem 2019.

Menurutnya, dengan penurunan ini dapat menjadi wujud komitmen Pemprov Jateng dalam masa pemerintahan Ganjar-Taj Yasin.

Gus Yasin mengungkap saat ini terdapat sekitar 290.000 jiwa yang masuk kategori miskin, sedangkan yang masuk kategori kemiskinan ekstrem terdapat 28.395 jiwa.

"Ini yang harus kami genjot terus. Kemarin Pak Gub (Ganjar, red) sudah memberikan instruksi agar ada lima kecamatan (ekstrem) dikelola secara intensif. Kita bisa sama-sama fokus di situ. Mulai dari validasi data, sampai eksekusinya," katanya.(mcr5/jpnn)

Gus Yasin menyebut angka kemiskinan di Brebes yang turun 1,38 persen merupakan hasil gotong royong semua pihak.

Redaktur : Sigit Aulia Firdaus
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News