Begini Cara Ganjar Menangani Banjir di Grobogan

Sabtu, 14 Januari 2023 – 08:00 WIB
Begini Cara Ganjar Menangani Banjir di Grobogan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika meninjau perbaikan tanggul jebol Sungai Lusi di Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jumat (13/1). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut bencana banjir di Kabupaten Grobogan segera cepat ditangani.

Meliputi perbaikan tanggul jebol di Sungai Lusi kawasan Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan. Termasuk penanganan daerah pegunungan yang gundul.

"Sebenarnya kalau tanggulnya tidak terlalu sulit, tinggal nambal saja. Tetapi problemnya ini musti jangka panjang sehingga Sungai Lusi musti segera ditangani dengan perubahan cuaca yang cukup ekstrem ini. Kita nggak mau tahun depan nanti terjadi lagi," kata Ganjar ketika meninjau perbaikan tanggul jebol Sungai Lusi di Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jumat (13/1).

Ganjar mendorong penanganan Sungai Lusi dimasukkan sebagai prioritas Kementerian PUPR bersama sejumlah daerah di Jawa Tengah seperti Kudus, Jepara, dan Pati.

"Alhamdulillah kemarin Pak Basuki sudah hadir keliling ke Kudus, Jepara, sampai Pati. Saya sudah bilang kepada beliau. PUPR kabupaten juga sudah membuat usulan nanti saya akan back up untuk diteruskan ke Pak Basuki agar daerah-daerah kritis ini terdeteksi sejak awal sehingga ada titik-titik yang bisa kita lakukan peringatan dini," kata Ganjar.

Selain limpasan Sungai Lusi dari arah Blora, banjir yang menggenangi desa-desa dan lahan pertanian di Kecamatan Brati juga berasal dari pegunungan Kendeng Utara dan Sungai Tuntang.

Kondisi kawasan Kendeng Utara yang gundul menyebabkan air langsung turun ke Brati. Kondisi itu terhadi ketika hujan deras atau cuaca ekstrem.

"Pegunungan Kendeng Utara ini lumayan gundul. Kalau saya lihat di sini bukan karena galian C tapi mengkonversi tanaman dari tanaman keras ke tanaman semusim," tuturnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut bencana banjir di Kabupaten Grobogan segera cepat ditangani.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News