Dampak Aktivitas Gunung Dieng, Pemkab Batang Siapkan 4 Titik Evakuasi Warga

Rabu, 18 Januari 2023 – 23:48 WIB
Dampak Aktivitas Gunung Dieng, Pemkab Batang Siapkan 4 Titik Evakuasi Warga - JPNN.com Jateng
Kondisi wilayah Desa Pranten Kecamatan Bawang yang berdekatan dengan Desa Batur Kabupaten Banjarnegara. (ANTARA/Kutnadi)

jateng.jpnn.com, BATANG - Mengantisipasi dampak peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Dieng, Pemkab Batang menyiapkan empat titik evakuasi bagi warga Desa Pranten dan Gerlang, Kecamatan Blado.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan lokasi dua desa tersebut memang lebih berdekatan dengan sejumlah kawah, sehingga berpotensi terimbas langsung dengan naiknya aktivitas vulkaniknya.

"Daerah Gerlang itu diwaspadai terdapat potensi gas beracun, sedangkan di Pranten ada potensi letusan freatik dan juga diketahui berdekatan dengan lokasi Kawah Sileri," katanya, Rabu (18/1).

Dia menuturkan pihaknya sudah memasang papan penunjuk arah untuk jalur evakuasi dan menyiapkan empat titik pengungsian.

Untuk warga Gerlang di lapangan desa setempat dan Kayuabang, kemudian titik evakuasi di Pranten di Lapangan Dwarawati dan dekat Candi Dwarawati, Kabupaten Banjarnegara.

"Kami selalu memantau perkembangan Gunung Dieng setiap hari," katanya.

Berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas Gunung Dieng naik dari level I menjadi level II atau status waspada.

Ulul Azmi menjelaskan Dataran Tinggi Dieng merupakan gunung purba yang pernah meletus hebat sekitar tahun 800-900 Masehi.

Pemkab Batang telah menyiapkan empat titik evakuasi bagi warga Desa Pranten dan Gerlang yang berdekatan langsung denga sejumlah kawah di Dieng.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News