KKN USM Selaraskan Program Pemerintah Atasi Stunting & Bangkitkan UMKM

Senin, 23 Januari 2023 – 12:35 WIB
KKN USM Selaraskan Program Pemerintah Atasi Stunting & Bangkitkan UMKM - JPNN.com Jateng
KKN USM dalam gerakan memasak menu antistunting di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Semarang (USM) turut mendukung program mengentaskan angka stunting dan gerakan memasak yang diinisiasi Plt Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Mahasiswa KKN USM ditempatkan di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

"Misalnya pengentasan stunting, gerakan sayang ibu, penyuluhan ibu menyusui dan ibu hamil sehingga program pembangunan Kota Semarang itu bisa berjalan dengan baik," kata Turahmat, perwakilan mahasiswa KKN USM di Kelurahan Gemah, Senin (23/1).

Selama sebulan lamanya, 18 mahasiswa kelas sore itu akan membaur bersama masyarakat untuk menyelaraskan strategi Pemerintah Kota Semarang. 

"Menampilkan UMKM, menggali potensi yang ada di Kelurahan Gemah supaya bisa berdikari, dan mandiri," ujarnya, menjelaskan kegiatan tersebut bertepatan dengan lomba memasak menu antistunting yang diikuti 177 kelurahan se-Kota Semarang.

Serangkaian lomba memasak tersebut diawali dengan senam cinta tanah air, pelayanan kesehatan, termasuk di dalamnya ada kelas penyuluhan ibu menyusui dan ibu hamil.

"Kami ada dua menu, untuk balita stunting dengan menu nasi tim telur puyuh, lalu untuk ibu hamil ada mi goreng sea food," kata Lurah Gemah Bagus Susanto.

Dua menu tersebut diyakini dapat mencegah terjadinya stunting. Komposisinya memiliki karbohidrat, kalsium, protein, vitamin dan kandungan lainnya.

KKN USM turut mendukung program mengentaskan angka stunting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News