SNPMB 2023, Tes Kemampuan Akademik Ditiadakan, Apa Gantinya?

Selasa, 07 Februari 2023 – 20:03 WIB
SNPMB 2023, Tes Kemampuan Akademik Ditiadakan, Apa Gantinya? - JPNN.com Jateng
Para guru mengikuti Sosialisasi dan Promosi SNPMB Tahun 2023 di Universitas Tidar (Untidar) Magelang. ANTARA/HO - Humas Untidar Magelang

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Tes kemampuan akademik (TPA) bakal ditiadakan pada seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNPMB) 2023.

Wakil Sekretaris Eksekutif Bidang Help Desk, Call Centre, dan Front Desk SNPMB, Badrus Zaman mengatakan TPA akan diganti dengan tes potensi skolastik, penalaran matematika, literasi bahasa Indonesia dan literasi Bahasa Inggris.

Dia mengatakan hal tersebut pada sosialisasi dan promosi SNPMB 2023 di Universitas Tidar (Untidar) Magelang.

"Tahun ini ada perubahan sistem pada ujian tulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang saat ini disebut dengan seleksi nasional berbasis tes (SNBT)," katanya, Selasa (7/2).

Badrus mengimbau kepada para guru BK agar selalu memantau informasi dari media resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek.

"Silahkan selalu ikuti informasi yang valid dari webhttps://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dan media sosial yang tertaut dengan web tersebut karena banyak medsos cloning yang informasinya kurang dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Badrus menegaskan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, di antaranya siswa yang telah dinyatakan lolos seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) tahun ini, serta SNMPTN tahun 2022 dan 2021, tidak bisa mengikuti UTBK SNBT.

Menurutnya, sistem secara otomatis akan menolak.

Tes Kemampuan Akademik (TPA) bakal ditiadakan pada SNPMB 2023. Pemerintah sudah menyiapkan gantinya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia