Ganjar Fokus Turunkan Inflasi Jateng, Semua Pihak Terkait Digandeng

Rabu, 08 Februari 2023 – 18:00 WIB
Ganjar Fokus Turunkan Inflasi Jateng, Semua Pihak Terkait Digandeng - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo fokus terhadap kenaikan harga beras dan minyak goreng. Dua komoditas itu menyumbang inflasi tertinggi di Jawa Tengah.

Ganjar mengatakan pihaknya akan menggandeng sejumlah pihak terkait, seperti Bulog dan kepolisian untuk mengatasi inflasi di Jawa Tengah.

Dari sisi hulu, Ganjar mengambil langkah pengawasan dan kontrol. Berdasarkan laporan yang diterimanya, dia menyebut empat wiilayah di Jawa Tengah, yaitu Grobogan, Demak, Rembang, dan Cilacap sudah mulai panen.

"Sudah mulai panen, tetapi masih sedikit. Harganya lagi tinggi–tingginya, pasti petani sangat suka ini," katanya, seusai mengikuti rapat koordinasi mingguan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin Mendagri Tito Karnavian secara virtual, Rabu (8/2).

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menyatakan semua pihak harus bisa mengontrol ketersediaan tersebut sehingga kebutuhan beras di Jawa Tengah dapat terpenuhi.

"Saya mendapat informasi bahwa ada pembeli yang dari Jawa Barat, jadi mereka datang lebih dulu membeli. Yang seperti ini boleh–boleh saja, tetapi sebaiknya kita semuanya mengontrol agar bisa tahu stok itu ada apa tidak, berapa jumlahnya dan seterusnya," ujarnya.

Kemudian dari sisi tengah, Ganjar berkoordinasi dengan sejumlah lembaga terkait, seperti Bulog. Ganjar meminta data lengkap dan statistik ketersediaan beras.

"Stok inilah yang kami coba hitung dari sisi kecukupan. Stok itu tidak hanya stok yang statis berapa jumlah yang ada di sana, tetapi dinamikanya dikaitkan dengan masa panen yang akan terjadi dalam beberapa bulan ini, sekira akhir Februari sampai dengan Maret sudah akan panen raya," tuturnya.

Ganjar Pranowo sedang fokus menurunkan angka inflasi Jateng. Komoditas minyak goreng dan beras jadi perhatian.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News