Erupsi Gunung Merapi, Tiga Desa di Boyolali Terdampak Hujan Abu

Rabu, 08 Februari 2023 – 23:06 WIB
Erupsi Gunung Merapi, Tiga Desa di Boyolali Terdampak Hujan Abu - JPNN.com Jateng
Seorang petani membersihkan tanaman cabai dari abu vulkanik Gunung Merapi di Desa Sangup Kecamatan tamansari Boyolali, Rabu (8/2/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mengalami erupsi pada Rabu (8/2).

Dampak dari erupsi Gunung Merapi tersebut membuat tiga desa di dua wilayah kecamatan Kabupaten Boyolali hujan abu ringan.

Menurut Kepala pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Widodo Munir erupsi Gunung Merapi terjadi sekitar pukul 07.10 WIB.

"Arah awan panasnya ke Sungai Boyong Magelang dan dampaknya di Boyolali terjadi hujan abu di tiga desa," jelasnya.

Dia menyampaikan erupsi Merapi berupa semburan abu ke atas yang kemudian dibawa angin ke arah timur, meski laharnya mengarah ke Kali Boyong Magelang.

"Tiga desa di Boyolali yang terkena dampak hujan abu yakni di Desa Sruni Kecamatan Musuk, Sangup dan Mriyan di Kecamatan Tamansari dengan kategori sedang dan ringan," ungkapnya.

Kondisi sekarang, lanjut dia, sudah aman terkendali. Masyarakat tetap aman beraktivitas seperti biasa karena erupsi hanya sekali tidak berulang-ulang.

Status Gunung Merapi hingga saat ini, tetap siaga sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) D.I. Yogyakarta.

BPBD Boyolali kini sedang mengirim ribuan masker ke tiga desa terdampak hujan abu itu, untuk mengantisipasi jika terjadi hujan abu susulan yang kemungkinan mengarah ke Musuk dan Tamansari di Boyolali.

Tiga desa di dua wilayah kecamatan Kabupaten Boyolali terdampak hujan abu ringan hingga sedang menyusul terjadinya erupsi Gunung Merapi.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News