Antisipasi Banjir, BBWS Bengawan Solo Tambah Pompa Air

Senin, 20 Februari 2023 – 22:00 WIB
Antisipasi Banjir, BBWS Bengawan Solo Tambah Pompa Air - JPNN.com Jateng
Sejumlah warga sedang membersihkan jalan dari sisa sampah dan lumpur banjir di Keluarhan Joyotakan Serengan Solo, Sabtu (18/2/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Mengantisipasi terjadinya banjir lagi,Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Jawa Tengah akan menambah kapasitas pompa air.

Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama mengatakan pada 2007-2016 tidak pernah terjadi banjir sebesar ini.

"Kami antisipasi dengan evaluasi, kemarin kami mendampingi Dirjen SDA untuk evaluasi," katanya, Senin (20/2).

Agar tak ada lagi banjir, dia menjelaskan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas pompa air. Harapannya agar dapat mengantisipasi air yang masuk ke permukiman warga, salah satunya di Desa Joyontakan yang terdampak cukup parah.

Ketika disebutkan upaya Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yang telah mengusulkan penambahan pompa air dan selama ini belum terealisasi, baru sebatas mengoptimalkan peralatan yang ada, dia mengatakan bahwa BBWS periode 2023, saat permintaan terakhir ini hanya melakukan optimalisasi, pemeliharaan, pengoperasian, dan rehabilitasi.

"Namun, tetap kami terus berusaha," ujarnya.

Sementara itu, terkait kejadian banjir di beberapa wilayah di Kota Solo pekan lalu, sebenarnya sudah ada upaya pemompaan dari BBWS bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Surakarta.

“Upaya kita dengan Dinas PUPR, kita punya 15 SPBU, 4 mobil PAM, itu yang kita kerahkan selama dua hari kemarin. Sahabat kota ada sepuluh SPBU di setiap lokasi,” ujarnya.

Balai Besar Sungai (BBWS) Bengawan Solo, Jawa Tengah (Jateng) akan menambah kapasitas pompa air untuk mengantisipasi banjir agar tidak separah pekan lalu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News