Banjir di Solo Mulai Surut, Warga Joyotakan Kembali ke Rumah

Sabtu, 18 Februari 2023 – 19:17 WIB
Banjir di Solo Mulai Surut, Warga Joyotakan Kembali ke Rumah - JPNN.com Jateng
Sejumlah warga sedang membersihkan jalan dari sisa sampah dan lumpur banjir di Keluarhan Joyotakan Serengan Solo, Sabtu (18/2/2023). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, SOLO - Banjir di Solo, Jawa Tengah, sejak Kamis (16/2) petang, perlahan mulai surut, khususnya di di Kelurahan Joyotakan, Kecamatan Serengan, Minggu (18/2).

Ratusan warga yang terdampak banjir sudah mulai kembali ke rumah masing-masing.

Warga Joyotakan sebelumnya mengungsi di sekolahan negeri setempat, tetapi setelah kondisi air surut sekitar pukul 11.00 WIB, mereka kembali ke rumah masing-masing untuk bergotong-royong membersihkan jalan dan rumahnya dari sisa sampah yang terbawa banjir beberapa waktu lalu.

Prasetyo (45), salah satu warga RT4 RW 6 Joyotakan, mengatakan warga Joyotakan sudah mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan sampah yang dibawa air banjir.

Menurut dia, seusai Salat Subuh atau sekitar pukul 05.00 WIB ketinggian air di Joyotakan masih setinggi sekitar dada orang dewasa, tetapi setelah air Sungai Bengawan Solo turun, sekitar pukul 11.00 WIB banjir sudah surut.

"Air banjir di Joyotakan surutnya cepat sekali, sekitar empat jam. Karena pintu air yang ke Bengawan Solo sudah dibuka dan dibantu pompa Joyotakan sehingga air mengalir hingga surut," katanya.

Warga yang mengungsi sudah kembali semua ke rumah masing-masing, bergotong-royong membersihkan rumah, dan mengumpulkan sampah. Sampah kemudian dibawa truk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta.

Dia menjelaskan banjir di Joyotakan yang terjadi sejak Kamis (16/2) petang, air naik cukup cepat hingga kedalaman sekitar 170 meter, sehingga ratusan warga mengungsi di tempat yang aman.

Banjir di Solo, Jateng, perlahan mulai surut. Ratusan warga Joyotakan memutuskann kembali ke rumah masing-masing.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News