Hujan Deras, Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Jepara Terendam Banjir

Kamis, 23 Februari 2023 – 15:16 WIB
Hujan Deras, Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Jepara Terendam Banjir - JPNN.com Jateng
Penguatan tanggul Sungai Jeratun Soluna di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Kamis (23/2/2023). (ANTARA/HO-BPBD Jpr.)

jateng.jpnn.com, JEPARA - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Kamis (23/2) pagi membuat ratusan rumah warga di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, terendam banjir.

Banjir tersebut dikarenakan meluapnya Sungai Jeratun Soluna seusai diguyur hujan deras.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengatakan banjir di Desa Sowan Kidul tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

"Akibat luapan air Sungai Jeratun Soluna meluap, kemudian air masuk ke permukiman warga dengan ketinggian antara 50–80 sentimeter," katanya.

Dia mengatakan pemukiman warga yang terdampak banjir mencapai ratusan. Dari hasil pendataan sementara ada sekitar 248 keluarga yang tersebar di RT 2 dan RT 3 di RW 2.

"Kami melakukan pendataan jumlah warga yang terdampak serta kebutuhan saat ini," jelasnya.

Dalam rangka melayani kebutuhan makan dan minum warga terdampak banjir, maka disiapkan dapur umum lapangan di Desa Sowan Kidul.

Untuk suplai logistiknya, kata dia, sudah diusulkan ke Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jepara serta PMI Jepara.

Ratusan rumah warga di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Jeratun Soluna
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News