Hujan Deras, Tanggul Sungai Piji dan Dawe di Kudus Jebol, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Kamis, 02 Maret 2023 – 11:28 WIB
Hujan Deras, Tanggul Sungai Piji dan Dawe di Kudus Jebol, Ratusan Rumah Terendam Banjir - JPNN.com Jateng
Ilustrasi banjir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/HO-BPBD Kudus)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Ratusan rumah di Desa Golantepus dan Hadiwarno, Kabupaten Kudus, terendam banjir setelah tanggul Sungai Piji dan Sungai Dawe di Kecamatan Mejobo jebol di empat titik.

Jebolnya tanggul di dua sungai tersebut diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Kamis (2/3), sehingga tidak mampu menahan debit air yang meningkat.

"Tanggul Sungai Dawe yang jebol di Desa Golantepus ada tiga titik, yakni di RT 3 RW 1, dan RT 4 RW 4, serta RT 4 RW 3, dengan panjang tanggul bervariasi," kata Camat Mejobo Zaenuri.

Zaenuri mengatakan akibat peristiwa tersebut, lahan sawah yang akan panen sekitar 70 hektare tergenang dan ratusan rumah warga juga terdampak.

"Warga sekitar, sudah menangani sementara tanggul jebol dengan karung plastik yang diisi tanah uruk," jelasnya.

Sementara itu tanggul Sungai Piji yang jebol, kata dia, ada di Desa Hadiwarno di RT 1 RW 2. Karena banjir tersebut bersifat sementara, maka tidak ada warga yang mengungsi karena ketika debit air sungai menurun, genangan juga surut.

"Tanggul Sungai Piji yang jebol tersebut, mulai diperbaiki dengan memperkuat tanggul menggunakan sarung plastik yang diisi tanah uruk," ungkapnya.

Sebelumnya, tanggul jebol juga terjadi di Desa Golantepus pada tanggul Sungai Piji. Sedangkan hari ini (2/3) di desa yang sama juga jebol merupakan tanggul Sungai Dawe.

Tanggul Sungai Piji dan Sungai Dawe di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, jebol di empat titik pada Kamis (2/3).
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News