Bengawan Solo Meluap Lagi, 7 Kecamatan di Sragen Terendam Banjir

Kamis, 02 Maret 2023 – 21:09 WIB
Bengawan Solo Meluap Lagi, 7 Kecamatan di Sragen Terendam Banjir - JPNN.com Jateng
Sejumlah siswa dievakuasi dengan perahu karet karena sekolah mereka tergenang air akibat banjir di Kabupaten Sragen, Kamis (2/3/2023). ANTARA/HO-Dokumentasi relawan

jateng.jpnn.com, SRAGEN - Sungai Bengawan Solo, Jawa Tengah, kembali meluap sehingga menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Sragen terendam banjir.

"Banjir di Sragen terjadi di Kecamatan Masaran, Plupuh, Sidoharjo kota, Sukodono, Gesi, dan Tanon," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen Agus Cahyono, Kamis (2/3).

Dia menyebut banjir terjadi sejak Rabu (1/3) malam.

"Kalau yang susulan baru. Ini masih ada penambahan debit, kondisi hujan juga di atas. Nanti siang infonya dari PJT (Perum Jasa Tirta) waduk (Waduk Gajahmungkur) ada penambahan outflow-nya 288 m3," katanya.

Agus mengatakan untuk ketinggian air bervariasi, tergantung dari posisi bangunan.

"Ada yang sampai 80 sentimeter, itu wilayah sangat cekung. Kemarin ada laporan sampai satu meter karena memang wilayahnya sangat cekung. Pertemuan Sungai Garuda dengan Bengawan, itu tempuran (bertemu)," katanya.

Akibat banjir tersebut, pihaknya sempat mengkondisikan para pelajar sekolah untuk dievakuasi ke rumah masing-masing.

"Sementara sudah terkondisi. Memang ada sekolah yang diliburkan karena terdampak jalan masuknya, halamannya sudah tergenang. Dari koordinasi dengan Disdik (Dinas Pendidikan) tadi ada beberapa sekolah yang diliburkan," katanya.(antara/jpnn)

Sebanyak 7 kecamatan di Sragen, Jateng, teremdam banjir akibat meluapnya Sungan Bengawan Solo.

Redaktur & Reporter : Sigit Aulia Firdaus

Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News